Kegitan Maulid Nabi serta acara Loketa Bulba

            Assalamualaikum semua!! Aku Dzihni Sakina Putri Azmarti Merdev dari kelas 8E, kali ini aku ingin menceritakan pengalaman kegiatan Maulid nabi dan Loketa Bulba. Simak cerita berikut ini yahh!!

            Loketa merupakan lomba keterampilan agama yang mana diselenggarakan untuk memperingati Amulid Nabi Muhammad SAW. Sementara, Bulba adalah Bulan bahasa, maka kegiatan Bulba adalah kegiatan lomba yang memperingati Bulan bahasa. Lomba-lomba yang ada di kegiatan Loketa antara lain: MTQ (Musabaqah Tilawatil Qur'an), Tahfidz, Komik Islami, Kaligrafi, Da'i, dan Adzan. Sementara untuk Bulba antara lain: Membaca Puisi, Membuat Cerpen, Fotu, Pidato, Debat, dan E-Poster. 

            Seminggu sebelum kegiatan tersebut dilaksanakan, Wali kelas menentukan beberapa murid yang akan menjadi perwakilan kelas pada setiap lombanya, seperti siapa yang akan mengikuti lomba Adzan, MTQ, Debat, Pidato, dan lainnya.

            Saya juga ikut berpartisipasi pada kegiatan Loketa Bulba ini, yaitu mengikuti lomba MTQ. Setelah ditentukan wali kelas, aku pun langsung mempersiapkan diri. 

Nah, pada hari H, yang bertepatan pada tanggal 26 Oktober 2020, Kegiatan Maulid nabi dan Loketa Bulba pun diselenggarakan. Acara pertama, yaitu maulid nabi diselenggarakan pada jam 7.00 tepat. Para murid sebelumnya sudah ada di platform Zoom. Para murid menunggu kedatangan pengisi acara datang di Zoom. Acara tersebut disambut oleh Bu Ita, dengan tilawah berserta sari tilawah dari beberapa anggota dari ROHIS. Tidak lupa sambutan dari POMG, kepala sekolah, dan kepala BPS, Kepala sekolah, Ketua POMG, dan lainnya. Acara dibuka dengan meriah oleh MC yang merupakan anggota OSIS Gadhiwara, lalu pembacaan ayat suci Al-Qur'an oleh Rohis Amanatul Insan, Beberapa sambutan dari Kepala sekolah, Ketua POMG dan lainnya, Lalu ke acara inti, yakni Ceramah mengenai Maulid nabi oleh Ustazd Usaid Fatturahman. Materinya sangat bagus dan sangat menginspirasi bagi saya. Dan, setelah penyampaian materi selesai, maka, kegiatan Loketa Bulba pun dimulai. 

Link YouTube : Klik disini
            Setelah ceramah selesai, para murid yang mengikuti lomba pun memasuki Meeting room setiap lomba. Bagaimana dengan yag tidak mengikuti lomba? Mereka akan menjadi Supporter lomba. Dibagi dari Absen, seperti absen 1-3 menjadi Supporter lomba ini, 4-6 lomba ini, dan lainnya. 
Untuk pengalaman saya sendiri, saya memasuki Meeting room, lalu menunggu juri datang, sambil menunggu juri datang para peserta lomba dibimbing oleh anggota OSIS yang menjadi PJ setiap lomba. Setelah Juri datang, lomba pun dimulai. Satu per satu peserta di spotlight untuk menampil pembacaan Qur'an nya sesuai nomor urut yang sudah diberikan sebelum acara dimulai. Supporter dari setiap kelas pun ikut menyaksikan lomba. Setelah lomba selesai, ada beberapa evaluasi singkat dari juri. Lalu, barulah kami dipersilahkan untuk meninggalkan meeting room, dan lanjut menyaksian lomba Debat.


             Lomba debat dilaksankan di zoom angkatan dengan penonton yang sangat banyak alias semua siswa. Aku sempat menyaksikan Babak penyisihan, Semifinal, hingga Babak Final. Suasananya benar-benar tegang dan panas namun sangat memacu Adrenaline. Argumen-argumen dari setiap peserta benar-benar jelas dan bahkan saya sendiri sampai kesulitan untuk memikirkan bagaimana cara menentang argumen dari lawannya itu. Benar-benar hebat!!
              Setelah Debat selesai, kami semua pun diperbolehkan untuk leave zoom dan akhirnya bisa beristirahat. Pengumuman pemenang diumumkan minggu depannya lagi. Tepatnya hari Senin, 2 November 2020. 
              Kegiatan ini benar-benar sangat seru dan mengasyikan. Smeoga, di tahun berikutnya, lomba ini tetap berjalan dan akan semakin baik. Walaupun hanya dilaksakana melalui zoom, namun, keseruannya benar-benar tidak terkalahkan.

Sekian cerita pengalaman dariku, 
Wassalamualaikum wr. wb. 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Evaluasi Bab 2 Informatika

Digital Labs 2020