Menggunakan Jaringan Komputer dan Internet

A.    Internet dan Jaringan Komputer

 

1.      Mengenal Internet

Berdasarkan The American Heritage Dictionary, internet adalah suatu sistem jaringan yang terinterkoneksi yang mehubungkan komputer-komputer di seluruh dunia melalui protokol TCP/IP. Internet berasal dari kata interconnected-networking yang artinya jaringan komputer yang saling berkoneksi.

 

2.       Sejarah dan Perkembangan Internet

Pada tahun 1957, Uni Soviet meluncurkan satelit pertama, yaitu Sputnik I. Hal ini menimbulkan kekhawatiran Amerika Serikat akan terjadinya perang nuklir. Amerika mulai memikirkan cara agar tetap dapat mengendalikan serangan nuklir walaupun komputer pengendalinya sudah hancur.

Pada Agustus 1962, Joseph C. R. Licklider mengembangkan konsep jaringan ‘Galactic Network’ yaitu suatu visi untuk menghubungkan komputer-komputer yang ada secara global.

 Pada Oktober 1962, suatu lembaga riset ARPA (Advanced Research Projects Agency) dibentuk di bawah pengadilan dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat yang bekerja sama dengan  beberapa univertitas terkemuka di Amerika Serikat dengan ketua program pertama Joseph C. R. Licklider.

Pada tahun 1965, dengan bantuan dana dari ARPA, Larry Robert dan Thomas Marill mencoba membuat koneksi Wide Area Network.

Pada tahun 1966, Bob Taylor dari ARPA berhasil menghimpun bantuan dana dari beberapa universitas di Amerika Serikat untuk melakukan percobaan membuat jaringan yang menghubungkan komputer-komputer dari sejumlah universitas yang mendanai percobaan

Pada Juni 1970, beberapa universitas dan lembaga, seperti MIT, Harvard, Bolt Beranek and Newman (BBN), dan System Development Corp (SDC) di Santa Monica, ikut bergabung.

Pada tahun 1971, The Network Working Group menyelesaikan protokol Telnet yang digunakan untuk mengakses sebuah komputer dari jarak jauh.

Pada tahun 1972, Ray Tomlinson dari BBN, perusahaan kontraktor dari ARPANET, menulis program yang dapat mengirimkan surat secara elektronik melalui ARPANET.

Pada akhir 1980an, simbol “@” resmi digunakan sebagai standar di seluruh dunia. Pada tahun 1972, nama ARPA diubah menjadi Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA).

Pada tahun 1986, internet digunakan secara terbuka untuk umum.

Pada tahun 1989, jumlah jaringan yang tergabung ke Internet berkembang pesat. Dalam kurun waktu Januari sampai November, jumlah jaringan yang tergabung ke Internet mwningkat dari 80.000 menjadi 160.000 jaringan.

Pada tahun 1990, ARPANET resmi ditutup dan digantikan dengan jaringan NSFNET yang menggunakan kabel T3 dengan kecepatan yang lebih memadai.

Pada tahun 1993, dikembangkan aplikasi untuk browsing yang disebut Mosaic oleh Marc Andreessen.

 

3.      Jaringan Komputer

Peranan komputer dalam kehidupan sehari-hari semakin terasa. Berbagai kegiatan bisnis di berbagai bidang industri dilakukan dengan bantuan komputer. Oleh karena kebutuhan pengelolahan data dan informasi, maka dalam organisasi bisnis, kadang dibutuhkan lebih dari satu komputer yang digunakan oleh banyak orang yang bekerja dalam tim. Kumpulan komputer-komputer yang terhubung satu dengan lainnya disebut jaringan komputer. Dalam jaringan komputer, terdapat komputer server dan beberapa komputer klien sesuai dengan namanya, komputer server berfungsi untuk melayani pengiriman dan penerimaan data dari komputer-komputer yang ada dalam jaringan.

Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari adanya jaringan komputer, di antaranya sebagai berikut.

a.       Membagi sumber daya

Jaringan komputer dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk membagikan sumber yang ada . sumber daya tersebut dapat berupa sumber daya perlengkapan komputer, seperti printer, maupun sumber daya data, file-file, dan program-program.

 

b.      Reliabilitas tinggi

Jaringan komputer memungkinkan penggunanya untuk menyalin data antarkomputer. Dengan demikian, apabila salah satu komputer rusak dan data yang disimpan di dalamnya hilang, pengguna masih dapat menggunakan data yang disimpan di komputer lain.

 

c.       Menghemat uang

Dengan menggunakan jaringan, perusahaan dapat menghemat peralatan yang harus digunakan misalnya, printer. Dengan adanya jaringan komputer, satu printer dapat digunakan oleh beberapa orang.

 

d.      Sebagai saran komunikasi

Jaringan komputer dapat dimanfaatkan oleh perusahaan atau organisasi sebagai sarana komunikasi. Misalnya, dalam membagikan file kebijakan baru, pimpinan perusahaan tidak perlu mengirimkan file kepada seluruh bawahannya.


Jaringan komputer dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, di antaranya sebagai berikut.

a.      Local Area Network (LAN)

Local Area Network (LAN) adalah jaringan yang menghubungkan komputer-komputer yang terdapat dalam satu lokasi, misalnya gedung atau perkantoran.

 

b.      Metropolitan Area Network (MAN)

Metropolitan Area Network (MAN) adalah jaringan LAN dalam versi yang lebih besar. MAN umumnya digunakan untuk menghubungkan beberapa kantor yang letaknya berdekatan.

 

c.       Wide Area Network (WAN)

Wide Area Network (WAN) adalah jaringan komputer dengan area cakupan yang sangat luas dari segi geografis. WAN dapat mencakup satu negara atau benua.

 

d.       Internet

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, internet juga merupakan suatu jaringan komputer, yaitu jaringan yang sangat besar yang mencakup seluruh dunia. Seseorang yang terhubung ke internet berarti terhubung ke semua komputer yang ada di dunia yang juga terhubung ke internet.

 

e.      Intranet

Intranet adalah jaringan komputer pribadi yang menggunakan teknologi yang sama dengan internet. Oleh karena itu, intranet sebenarnya sama dengan internet. Perbedaannya adalah jaringan intranet merupakan jaringan pribadi milik organisasi tertentu yang hanya dapat diakses oleh organisasi tersebut dan tidak dibuka untuk umum.  

 

4.      Menghubungkan Komputer ke Internet

 

Pada kesempatan ini, akan dibahas berbagai teknologi untuk koneksi internet agar kamu dapat memilih teknologi yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi di daerahmu. Namun, sebelumnya akan dijelaskan beberapa istilah yang berhubungan dengan akses internet.

 

a.       Kecepatan Akses Internet

Kecepatan akses internet juga dikenal dengan istilah kecepatan transfer data, kecepatan koneksi, atau lebar bandwidth, diukur dengan besar data yang dapat dilewatkan melalui jaringan dalam satuan waktu.   

 

b.      Internet Service Provider

Koneksi ke internet membutuhkan infrastruktur yang sangat mahal. Oleh karena itu, tidak mungkin dibangun oleh pengguna perorangan sehingga berdirilah perusahaan-perusahaan yang menginvestasikan dananya untuk membangun infrastruktur tersebut.

 

c.       Menggunakan Jaringan Komputer (LAN)

Mengakses internet menggunakan jaringan komputer local berarti menghubungkan komputer ke internet melalui sebuah server jaringan local yang terhubung ke internet.

 

d.      Menggunakan Ponsel

Jika kamu menggunakan layanan data dari operator seluler, kamu dapat menghubungkan komputermu ke internet dengan cara mengatur agar ponsel yang digunakan menjadi titik hotspot atau modem.

 

e.      Menggunakan Satelit

Di daerah pendalaman, akses internet melalui jaringan ISP dan layanan data tidak tersedia. Salah satu solusi akses internet unutk pengguna internet yang berada di lokasi terpencil dan sulit diakses oleh jaringan lain adalah dengan menggunakan satelit.  

 

B.    Berbagai Aplikasi dan Layanan Internet

 

1.      Berbagai Jenis Aplikasi Internet

Saat ini, beberapa aplikasi internet yang paling popular digunakan, di antaranya sebagai berikut.

 

a.      Discussion Board dan Newsgroup

Discussion Board dan Newsgroup adalah aplikasi Internet yang digunakan pengguna untuk berkomunikasi dengan pengguna lainnya dalam sebuah forum.

 

b.      World Wide Web

World Wide Web atau WWW merupakan aplikasi yang digunakan untuk menyimpan informasi dalam bentuk dokumen-dokumen yang disebut halaman web.

 

c.       Electronic Mail (Email) dan Mailing List

Sebelum teknologi berkembang seperti saat ini, surat-menyurat dilakukan dengan cara konvensional. Email atau surat elektronik adalah aplikasi internet untuk sarana komunikasi surat-menyurat dalam bentuk elektronik. Aplikasi ini hampir dapat menggantikan cara berkomunikasi surat-menyurat yang selama ini digunakan.

 

d.      Weblog

Weblog atau lebih popular dengan sebutan blog merupakan bentuk lain dari halaman web. Sama seperti halaman web, blog disusun dari kode-kode HTML. Perbedaan blog dengan halaman web terletak pada susunan layout tampilannya dan tujuan penggunaannya.

 

                Ada beberapa teknologi baru yang diperkenalkan pada beberapa tahun terakhir ini, di antaranya sebagai berikut.

 

a.       Jejaring Sosial dan Media Sosial

Jejaring sosial (social network) adalah aplikasi internet yang memungkinkan pengguna dapat saling terkoneksi, berinteraksi, dan saling membagikan informasi. Facebook, Twitter dan LinkedIn merupakan contoh jejaring sosial.

 

b.      Cloud Storage

Cloud Storage adalah ruang penyimpanan di internet yang dapat digunakan oleh pengguna untuk menyimpan file-file miliknya.

 

c.       Aplikasi Berbasis Cloud

Aplikasi Berbasis Cloud adalah aplikasi yang ditempatkan di internet dan dapat diakses melalui browser. Beberapa contoh aplikasi berbasisi cloud adalah Google Docs.

 

d.      Mesin Pencari

Internet merupakan gudang segala jenis informasi yang tiada batas. Namun, beragamnya informasi dalam jumlah yang sangat banyak memberi kesulitan karena pengguna menjadi sulit menemukan informasi yang dibutuhkan. Untuk memecahkan masalah tersebut, dibuatlah suatu aplikasi yang dapat digunakan untuk membantu pengguna mencari informasi di internet. Program tersebut dikenal dengan nama mesin pencari atau sering disebut search engine.

 

C.     Komunikasi dan Keamanan Data

 

1.      Komunikasi Data

Komunikasi Data adalah proses pengiriman dan penerimaan data dari dua komputer yang terhubung dalam suatu jaringan, baik jaringan local (LAN) maupun jaringan yang lebih luas seperti MAN, WAN, maupun internet.

Ketika pengiriman data antara dua komputer terjadi melalui jaringan internet, data yang dikirimkan tidak langsung sampai di komputer tujuan melainkan harus melalui satu komputer ke komputer yang lain, atau dari satu jaringan ke jaringan yang lain sampai akhirnya mencapai komputer yang dituju.  

Selanjutnya, data melalui jaringan komputer-jaringan komputer lain yang ada di internet, sampai akhirnya data tiba di server Google.

Komunikasi data antara dua komputer dilakukan dengan menggunakan protokol-protokol. Protokol adalah aturan-aturan yang membuat dua komputer saling mengerti satu dengan yang lain.

Salah satu protokol komunikasi data yang banyak digunakan untuk menangani komunikasi data dalam area yang luas adalah TCP/IP atau Transfer Control Protokol/Internet Protokol. TCP/IP merupakan kumpulan protokol yang bekerja sama  unutk menangani proses pengiriman data.

TCP/IP mempunyai kelebihan, yaitu dapat mengkomunikasikan dua komputer yang berbeda jenis dan system operasi yang digunakan.

TCP/IP terdiri atas 4 lapis kumpulan protokol (Layer) dan setiap protokol dalam setiap layer mempunyai fungsi masing-masing.

 

a.      Application Layer

Lapisan ini berfungsi sebagai interface (antarmuka) antara pengguna dengan data.

 

b.      Transport Layer

Transport Layer berfungsi untuk mengadakan komunikasi antara dua host/komputer.

 

c.       Internet Layer

Internet Layer terdiri dari protokol IP, ARP, dan ICMP. IP berfungsi untuk menyampaikan paket data ke alamat yang tepat. ARP berfungsi untuk untuk menemukan alamat hardware dari komputer yang terletak pada jaringan yang sama, sedangkan ICMP digunakan untuk mengirim pesan.

 

d.      Network Interface Layer

Lapisan Network Interface berfungsi untuk mengirimkan dan menerima data dari media fisik jaringan.

 

2.      Keamanan Data

Data yang dikirimkan melalui jaringan komputer dan internet sebagian dapat bersifat penting. Hal ini dapat mengundang pihak lain untuk mencuri dan memanfaatkan data tersebut untuk keuntungan pribadinya.

Ada dua bentuk serangan terhadap data yang disimpan di jaringan komputer, yaitu Hacking dan Cracking. Hacking adalah usaha memasuki secara illegal suatu jaringan dengan maksud mencuri file, data, dan sebagainya. Cracking adalah usaha memasuki secara illegal suatu jaringan dengan maksud menghancurkan file atau data yang disimpan di komputer-komputer yang ada di jaringan tersebut. Pelaku Hacking disebut Hacker, sedangkan pelaku Cracking disebut Cracker.  

Berikut teknik pencurian yang sering dilakukan adalah sebagai berikut.

a.      Eavesdropping

Eavesdropping adalah tindakan melakukan intersepsi secara real-time yang tidak diotorisasi terhadap komunikasi pribadi.

 

b.      Snooping

Snooping adalah tindakan mengakses data orang lain tanpa otorisasi seperti halnya Eavesdropping. Namun, berbeda dengan Eavesdropping, snopping tidak terbatas pada usaha mengakses data pada saat data tersebut dikirimkan.

 

c.       Spoofing

Spoofing adalah tindakan menyusup ke jaringan di internet dengan cara memalsukan IP Address, kemudian melakukan serangan ke jaringan yang berhasil disusupi tersebut.

 

d.      Email Spoofing

Email Spoofing adalah teknik penipuan yang dilakukan dengan cara memalsukan email header sehingga seolah-olah email tersebut berasal dari seseorang dan bukan datang dari pengirim sebenarnya.

 

e.       Phishing

Phishing merupakan teknik penipuan untuk mendapatkan data penting korban dengan cara menggunakan halaman web palsu dan mengarahkan korban agar memasukkan data pentingnya di halaman web tersebut.

 

f.        Pharming

Pharming adalah bentuk lain dari Phishing. Seperti halnya Phishing, pharming dilakukan dengan cara mengarahkan calon korban ke halaman web palsu agar calon korban memberikan data pentingnya di halaman web palsu tersebut. Perbedaannya dengan Phishing adalah bagaimana cara membawa calon korban ke halaman web palsu tersebut.

 

g.      Cookies

Ketika mengunjungi halaman web, sering kali pengguna diminta untuk mengisi userid dan password maupun data yang lain. Data ini kemudian disimpan di web server dari halaman web yang bersangkutan.  

 

h.      Spyware

Spyware dapat didefinisikan sebagai program mencurigakan yang diinstal secara diam-diam melalui web. Spyware dapat menyebarkan dengan tindakan dari pengguna.

 

i.        Adware

Adware merupakan bentuk lain dari Spyware. Adware memata-matai aktivitas online dari korbannya. Kemudian menampilkan ikla-iklan yang dianggap cocok untuk korban tersebut.

 

j.        Browser Hijackers

Browser Hijackers (pembajak Browser) merupakan bentuk lain dari Spyware yang dianggap lebih berbahaya. Browser Hijackers mengubah pengaturan browser seperti pengaturan Homepage dengan halaman web yang diinginkan pembajak.

 

3.       Teknologi Keamanan Data

Beberapa teknologi keamanan data yang ada saat ini adalah

 

a.      Firewall

Firewall adalah perangkat yang digunakan untuk membentengi suatu jaringan komputer dari jaringan internet

 

b.      Enkripsi

Enkripsi adalah proses menyamarkan sebuah data atau pesan sehingga jika pesan atau data jatuh kepada orang yang tidak berhak, data tersebut tidak dapat dimengerti. Seni untuk menyandikan pesan atau data disebut kriptografi.

 

 


Komentar

  1. terima aksih sdh mengerjakan tugasnya dengan baik dan tambahkan gambar dalam tulisan ini agar lebih menarik

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Evaluasi Bab 2 Informatika

Digital Labs 2020

Kegitan Maulid Nabi serta acara Loketa Bulba